Apa yang kamu lihat, itu yang kamu dapatkan

Apa yang kamu lihat, itu yang kamu dapatkan

Selasa, 09 Oktober 2012

Komputer di masa yang akan datang


Generasi user interface pada masa akan datang menuju kepada penambahan unsur-unsur animasi objek dan audio (suara dan bunyi). Unsur tiga dimensi (dimensi spatial/ruang) juga user interface modern dalam realiti maya.user interface masa depan lebih berorientasikan-objek daripada segi pengolahan intruksi dan fungsi. Di samping itu, bentuk dialog tidak lagi berbentuk arahan. Interaksi yang akan digunakan lebih berbentuk natural langguage (bahasa alami) dan membenarkan penggunaan input yang tidak berformat.user interface depan juga membolehkan komputer membuat analisa terhadap aktiviti-aktiviti dari user gaya interaksi ini sering ditampilan dalam film-film fiksi ilmiah, Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkanIbaratnya manusia, komputer masa depan akan memiliki kecerdasan luar biasa ditambah dengan panca indra seperti manusia : pengelihatan, pengecap, peraba, pencium, dan pendengaran.

Jenis komputer masa depan memiliki bentuk dan tingkat kecerdasan yang sangat luar biasa. Yang bisa membantu setiap pekerjaan manusia, Beberapa contoh bentuk interface yang bisa membantu manusia dalam kegiatan sehari-harinya :

1.Yang bentuknya kecil dan sederhana bisa dibawa2 atau dipakai (misalnya berbentuk arloji). Memiliki kecerdasan terbatas dan lebih berfungsi sebagai client komputer yang lebih besar. Misalnya kita ingin tahu bagaimana kondisi lalulintas saat ini antara Jakarta ke Bandung, maka komputer ini akan segera menanyakan ke komputer di jaringan secara peer to peer dan memberikan informasi terbaik berdasarkan data yang diterima. Komputer ini juga merupakan semacam tanda pengenal dari si pemakai (tuannya), sehingga kemanapun tuannya pergi, semua komputer2 di seluruh dunia akan mengenali orang ini berdasarkan identifikasi yang dipancarkan oleh komputer kecil ini.

2.Yang terpasang di dalam mobil, fungsinya memonitor kondisi lalulintas, mobil dan penumpang. Komputer ini akan memiliki banyak kamera yang memonitor kondisi jalan dan interior mobil. Komputer juga memiliki layar yang berbentuk kaca depan mobil, sehingga dalam keadaan gelap, komputer dapat membantu memproyeksikan gambar jalanan dengan terang ke kaca depan mobil berkat kamera inframerah yang terpasang di sekeliling mobil. Komputer juga akan mengambil alih kemudi jika si pengemudi berada dalam keadaan tidak sehat (misalnya mabuk).
3.Yang terpasang di rumah, fungsinya membuat semua proses di rumah menjadi otomatis. Misalnya menyalakan lampu, pompa kolam renang, dan lain-lain secara otomatis.

Dengan adanya panca indra tadi dan kemajuan di teknologi programming, maka komputer-komputer tadi dapat beroperasi secara mandiri, karena tidak lagi memerlukan input dari perangkat khusus seperti keyboard/mouse/touch screen di komputer masa sekarang .

Selain beberapa contoh Interface tersebut. Banyak teknologi yang mengembangkan generasi interface di masa yang akan datang, lebih simple, efisien dan praktis. Gampang di pakai oleh user.


Dari gambar di atas terlihat gelembung-gelembung mini, terlihat sangat simple tetapi gelembung-gelembung tersebut merupakan kumpulan data. Agar kita tidak tersesat dalam lautan data, dibutuhkan interface untuk navigasi yang jelas antara manusia dan komputer. CHIP telah mengunjungi para ilmuwan yang mengembangkan berbagai konsep interface baru. Awan-awan yang terlihat sebagai kumpulan bulatan di layar, sebenarnya adalah sebuah tabel. Seperti sekelompok ikan, gelembung-gelembung mini tersebut terlihat ‘menjauh’ ketika didekati pointer. Namun, ia kemudian bereaksi saat diklik. Bulatannya membesar dan menyajikan informasi yang dikandungnya.


Komputer model pena

 

 komputer pena yang mencakup 5 fungsi yaitu :
* Ponsel bergaya pena dengan cara input data menggunakan tulisan tangan
* virtual keyboard
* proyektor kecil
* Camera Scanned
* Personal ID password yang berfungsi sebagai identitas pemilik

Dengan komputer  pena ini, maka kita serasa membawa komputer dalam genggaman kita, setiap hari kita membawa komputer  kemana saja, karena bentuknya yang simple dan ringan mudah di bawa, di simpan dalam saku baju . komputer pena ini merupakan bentuk interface di masa yang akan datang, yang akan menggantikan Laptop.

0 komentar:

Posting Komentar